Tuesday 1 July 2014

Bisnis Internet


Setelah membaca artikel sebelumnya, sekarang bagaimana menurut Anda, apakah Anda perlu berbisnis? Apabila jawabannya ya, lalu bisnis apa? Terserah Anda. Untuk bisnis internet anda tidak harus meninggalkan pekerjaan yang sudah ada sekarang. Anda bisa membangun bisnis dengan membangun sistem sendiri atau mengikuti sistem bisnis yang sudah ada, perlahan tapi pasti juga bisa sambil membangun sistem bisnis sendiri.
Menurut paul dan sarah Edward salah satu yang bisa merubah alam kerja terutama adalah dengan adanya teknologi internet. Dengan internet bisnis bersistem yang dulu hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahan besar kini bisa dimiliki oleh siapapun. Tidakkah Anda ingin memanfaatkannya?

Inilah bisnis yang hanya memerlukan sedikit investasi, prospek bagus, potensi besar, tidak ada masalah dengan tempat (di manapun Anda berada bisa melakukannya), tidak ada masalah dengan pasar (Anda bisa menjual kemana saja), yang diperlukan adalah komitmen. Bisnis internet baru ada beberapa tahun silam, namun membawa perubahan yang sangat besar terhadap alam kerja manusia. Dunia berada dalam satu jaringan!
Ketua Bidang Perdagangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Franky Sibarani mengatakan saat ini belanja online telah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat. "Kami memperkirakan nilai transaksi e-commerce bisa mencapai Rp 100 triliun per tahun," ungkapnya, pada bulan Maret 2014.

Bagaimana internet di Indonesia? Menurut data IPJII pelanggan dan pemakai internet dari tahun ketahun semakin meningkat:  
Tahun
Pemakai
1998
512,000
2000
1,900,000
2005
16,000,000
2010
42,000,000
2012
63,000,000
2013*
85,000,000
2014*
107,000,000
2015 *
139,000,000
Tahun * Proyeksi

Itulah yang menjadi alasan kita mengapa bisnis internet potensial karena semakin pesat perkembangannya. Di dunia kini banyak kisah jutawan-jutawan baru yang lahir dari internet sejak tahun 1995, sedangkan di Indonesia mulai ada sejak tahun 2000.
Kemajuan internet tidak bisa lepas dari peran kemajuan teknologi komunikasi. Kini, telepon seluler yang berkembang dengan pesat akan lebih memperlancar kemajuan internet, karena semua provider menyediakan fasilitas untuk ber-internet, dan semakin lama biaya koneksi (sambungan) menjadi semakin murah.

 
Potensi bisnis internet
Ada 3 hukum yang menyebabkan internet semakin lama semakin maju. Anda akan tahu bagaimana prinsip-prinsip ini membuktikan bahwa bisnis Internet akan memiliki pertumbuhan yang akan semakin berkembang. Anda akan mengetahui bagaimana langkah terbaik memosisikan diri Anda sebagai seorang wirausahawan berbasis rumah untuk memanfaatkan peluang-peluang digital yang terhampar di depan.

Tiga faktor yang menjamin masa depan yang makmur bagi para wirausahawan Internet adalah:

1.Hukum moore
Hukum Moore menjelaskan bahwa biaya-biaya peralatan  digital semakin lama akan semakin turun. Contoh pada tahun 1980 harga memori untuk chip komputer adalah USD$1.000 (hanya memory saja), satu tahun kemudian harga menjadi $500, untuk memori dengan kwalitas yang sama, dua tahun kemudian harga turun menjadi itu $250, tiga tahun kemudian harga  $62,5, tahun 1998 harga menjadi kurang dari $ 25, dan sekarang harga hanya menjadi beberapa sen dolar saja.
Di Indonesia berapa harga komputer pada tahun 1990 dan berapa sekarang? Pada tahun 1990 harganya ± sama dengan sepeda motor dan sekarang harga komputer dengan kwalitas tahun 1990-an kurang dari Rp.1 juta saja, sedangkan harga sepeda motor sekarang ± Rp.12 juta dengan kwalitas sama dengan dulu. Untuk komputer sekarang yang diatas Rp.1juta dengan kwalitas yang jauh lebih canggih dari tahun 1990 tersebut.
Gordon Moore, adalah salah seorang pendiri Intel Corporation yang telah melakukan pengamatan sistematis sejak 1960-an mengatakan bahwa komputer-komputer akan bisa dibuat 4 kali lebih powerful setiap 3 tahun untuk harga yang sama. Seandainya Anda tahu bahwa ada bisnis yang setiap 3 tahun Anda mempunyai 4 kali bahan yang lebih banyak apakah Anda mau terjun kesitu? Jawabannya tentu “ya”!
Di manapun, perusahaan-perusahaan akan selalu mencari cara yang menyebabkan efisiensi dalam kegiatan usahanya, sehingga hal ini menyebabkan bahwa perusahaan-perusahaan untuk keperluan informasi, komunikasi, promosi, akan menjadi semakin digital, dan sekarang semua sudah mengarah ke situ. Hukum Moore mengatakan bahwa bisnis-bisnis Internet, khususnya pemasaran Internet akan terus tumbuh dan berkembang dengan laju yang pesat.

2.Penerimaan lingkungan digital
Seiring dengan hukum Moore yang terus berjalan, lingkungan-lingkungan digital akan semakin tumbuh dengan pesat. Komunitas-komunitas online sedang terbentuk dengan cara persis sama seperti komunitas-komunitas dalam dunia jasmani sepanjang sejarah, hanya saja ini jauh lebih cepat.
Saat ini berbagai fasilitas pelayan perusahaan-perusahaan semakin banyak yang menjadi digital,  seperti sekarang bank memberikan pelayanan via ATM, via internet, via HP. Semakin lama semakin banyak yang mengarah kesitu dan masyarakan akan semakin terbiasa dengan hal-hal yang digital. Sekarang jejaring semakin diminati oleh semua kalangan profesi, semua usia, dan semua status.

3.Konvergensi
Bertemunya hal-hal yang terpisah. Semakin lama akan semakin mudah untuk menyatukan berbagai keperluan dalam suatu peralatan digital. Contoh: Kartu ATM yang pada mulanya hanya untuk mengambil uang kini bisa untuk berbagai keperluan seperti belanja, pembayaran berbagai tagihan. Handphone yang pada mulanya hanya untuk komunikasi kini bisa digunakan misalnya untuk internet, transaksi perbankan.
Konvergensi kini sedang terjadi di tingkat industri dan tingkat konsumen. Pada tingkat industri perusahaan-perusahaan melebur untuk membentuk suatu usaha multimedia. Contoh: Bank bekerja sama dengan perusaahaan komunikasi untuk memberikan layanan bersama, konsumen bisa mendapatkan layanan dari perusahaan telekomunikasi untuk melakukan pembayaran berbagai tagiahan seperti telepon, listrik, berbelanja dengan kartu ATM.
Pada tingkat konsumen alat-alat baru sedang digunakan untuk menggabungkan komputer dengan telepon dan televisi. Dalam waktu sangat dekat, konsumen akan mengganti telepon, TV, dan PC mereka dengan 1 pusat media sentral (yang mungkin memiliki beberapa peralatan untuk kemudahan).
Uang digital yang sekarang sudah ada semakin lama akan semakin meluas, melakukan berbagai pembayaran dengan kartu kredit atau debet. Jadi semakin lama masyarakat akan semakin menuju kearah peralatan digital.
Tiga hukum diatas bukanlah teori, tapi hal yang benar-benar sudah terjadi dan diprediksikan akan terus berjalan dan semakin cepat melaju.
 
Manfaat internet
Internet bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sesuai pembahasan kita sebelumnya adalah untuk berbisnis. Manfaat internet secara umum adalah:

1.Komunikasi
  • Email:  surat elektronik, bisa langsung mengirimkan email dalam jumlah banyak,
  • Chatting: bedialog via tulisan atau suara secara pribadi atau dalam forum,
  • Milis: berdiskusi via surat dengan semua anggota,
  • Video converence:  berdialog dengan suara beserta gambar,
  • Kirim file/data.

2.Mencari informasi  
  • Banyak perusahaan /lembaga yang memberikan informasi via website,  
  • Bisa mendapatkan informasi yang ingin diketahui via Search engine.

3.Menjalankan bisnis
  • Untuk promosi perusahaan/produk barang dan jasa,
  • Transaksi bisnis (seperti bank),
  • Penjualan ebook (buku elektronik),
  • Mengikuti bisnis.

4.Memudahkan aktivitas
  • Aktivitas bisnis, dapat melakukan transaksi:  Pendaftaran, Pembelian, Pembayaran.
  • Aktivitas sehari-hari, seperti pembayaran, melakukan pembelian tiket.

Kelebihan layanan internet:
1.   Cepat, praktis, mudah, dan murah,
2.   Tidak ada biaya tembahan untuk menggunakan berbagai fasilitas,
3.   Tidak ada perbedaan:
1.   arah, untuk seluruh dunia adalah sama (global),  
2.   Waktu, selalu siap kapan saja, segala transaksi bisa berjalan waktu itu juga,  
3.   Tempat, di mana saja bisnis dijalankan tidak ada masalah,  
4.   Jumlah pemakai, satu web bisa dibuka secara bersama dari seluruh penjuru dunia.
Itulah kemudahan-kemudahan internet dan merupakan potensi besar apabila digunakan untuk menjalankan bisnis. Untuk berbisnis dalam bidang lain tentu akan sangat besar investasi yang harus dimasukkan dan ada keterbatasan-keterbatasan jarak, waktu, tempat dan keterbatasan untuk pelayanan. Penjualan via toko tentunya terbatas dalam lokasi tersebut, untuk ke lokasi lain tentu harus membuka cabang sehingga investasi tinggi. Tapi tidak untuk internet. Dengan investasi yang kecil, pemasaran bisa menjangkau dalam jarak yang tidak terbatas, dan sekarang semakin menjamur toko online.
 
Bisnis via internet
1.      Menjual Barang/Produk,
Menawarkan produk barang via internet. Seperti kata Ketua Apindo "Mereka beralasan kalau belanja online itu bebas untuk mencari barang yang disuka tanpa paksaan untuk membeli, dan tanpa harus susah payah keluar rumah,".  
Apalagi, semua orang bebas menjual barangnya di online mulai dari rumah, mobil, pakaian hingga obat-obatan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, calon pembeli cukup menuliskan barang yang ingin dibeli dan akan muncul sederet penawaran.
2.      Menjual Jasa,
Produk jasa juga sangat banyak di dunia internet, karena produk jasa justru tidak adanya perbedaan jarak, lain dengan penjualan produk / barang yang  masih berhubungan dengan usaha pengiriman barang kepada pembeli. Jasa via internet misalnya: Jasa pemasangan Iklan, Jasa Hosting, Jasa pembuatan website, Jasa layanan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, Jasa Informasi seperti berita online, dan masih banyak lagi.
3.      Menjual Informasi.
Menjual informasi di sini mungkin hampir sama dengan berita online, karena berita online ada yang berbayar juga. Namun jasa informasi di sini perlu dibahas khusus karena Informasi di sini adalah suatu produk yang bernilai bisnis misalnya produk Buku, hanya bedanya di sini bukunya adalah berupa produk Digital. Produk online ini juga bisa berupa Software.

Menjual informasi
Untuk sebuah usaha, website mempunyai berbagai fungsi, yaitu:
1.  Web sebagai informasi produk
     Untuk produk-produk yang tidak bisa dijual secara online. Website adalah sebagai informasi mengenai produk-produknya.
2.  Web sebagai transaksi jual-beli
1.  Transaksi produk
     Transaksi via internet tapi produk dilayani tersendiri. Untuk fungsi web sebagai informasi sekarang sudah banyak yang juga berfungsi sebagai transaksi. Misalnya tiket pesawat terbang bisa dipesan via internet. Transaksi via internet dan bank kemudia barang dikirimkan via jasa pengiriman, ini adalah toko online.
2.  Pelayananan Produk
     Produk dilayani via internet. Jadi web ini berfungsi sebagai informasi, transaksi dan pelayanan produk. Ini adalah cara yang paling mudah untuk dijalankan via internet. Produk yang banyak dijual via internet adalah ebook (buku elektronik) dan software komputer.

Hal yang sangat potensial untuk Anda kembangkan adalah menjual informasi via internet. Mengapa? Karena informasi adalah merupakan produk yang tidak ada habisnya. Apabila Anda membeli buku yang Anda beli bukunya atau informasinya? Tentu informasinya. Begitulah dalam dunia internet informasi dengan mudah dapat ditransfer seperti mentransfer uang via ATM, yang ditransfer adalah nilainya bukan fisik uangnya.  

Berikut ini kemudahan menjual informasi via internet dibandingkan dengan mencetak buku.

A.Mencetak buku (sebagai produk informasi via buku):
1.   Menulis produk informasi
      a.            Mempunyai ide lalu mencari berbagai literature dari berbagai buku-buku bacaan.
      b.            Dari berbagai buku yang dibeli belum tentu lengkap, maka perlu beberapa buku lagi.
      c.            Untuk mencari bahan dari toko buku terdekat belum tentu ada tersedia.
2.   Setelah tulisan jadi maka dibawa ke percetakan.
a.  Untuk mencetak buku biaya awal adalah Anda membeli plat (film) untuk bahan cetakan dikalikan dengan jumlah halaman. Berapapun jumlah cetakan (sedikit atau banyak) sudah harus mengeluar untuk biaya itu. Untuk cover full color ada biaya ekstra lagi yang lebih mahal.
b.  Untuk mencetak sedikit biaya terlalu mahal maka hal ini adalah tidak memungkinkan, jumlah cetakan harus langsung dalam jumlah banyak, semakin banyak jumlah cetakan semakin murah nilai biaya produksi perbuku.
3.   Pemasaran harus dilakukan agar barang yang sudah dicetak bisa laku. Apabila pemasaran gagal maka biaya yang telah dikeluarkan tidak bisa kembali lagi karena sudah keluar biaya. Pemasarannya adalah:
a.   Setor ke toko-toko buku
      Untuk produk yang tidak potensial tentu sulit.
b.   Merekrut dari agen untuk menjualkan produknya
      Sama dengan no.1 di atas, kendalanya lagi bisa jadi ada kesulitan dalam penagihan keuangan.
c.   Via pos
      Biaya prangko akan banyak dikeluarkan. Jadi perhitungkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk prangko dan berapa kemungkinan kesuksesan dari penjualannya
*    No.3.a, b &c di atas akan banyak memakan biaya transportasi, bila tidak mencapai target maka tidak bisa mencapai BEP (break efent point/nilai impas/tidak laba tidak rugi).
4.   Apabila stok buku sudah habis maka harus mencetak dalam jumlah besar lagi.
Dalam hal ini, maka memproduksi buku tidak bisa hanya coba-coba karena sekali memproduksi sudah memerlukan investasi yang cukup besar (mencapai jutaan rupiah).
Oleh sebab itulah maka produk informasi via buku hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar karena:
1.    Sudah mempunyai jaringan pemasaran yang luas sehingga resiko tidak laku sangat kecil,
2.    Nilai harga pokok produksi perbuku yang jauh lebih murah karena bisa mencetak dalam jumlah besar.
 
B.Produk informasi via internet
Informasi adalah mata uang untuk web. Coba bandingkan bagaimana kemudahannya apabila Anda menjual informasi via internet, dibandingkan dengan mencetak buku. Bagi yang belum bisa dan belum pernah membuat produk informasi via internet, maka langkah yang dilakukan adalah:
1.  Mempelajari operasional internet sehingga bisa membuat web site sendiri untuk pemasaran,
2.   Merancang produk
 a.  Cari ide produk informasi,
 b.  Cari bahan via internet yang bisa Anda cari secara gratis terutama via search engine. Tema apa saja bisa Anda cari via internet. Jadi untuk mencari bahan Anda tidak perlu kemana-mana cukup dari internet,
3.   Setelah tulisan jadi, buat tulisan tersebut menjadi ebook (buku elektronik), maka produk sudah siap untuk dipasarkan,
4.   Membuat website tentang produk Anda, sehingga terpasang di internet,
5.   Anda berpromosi juga via internet,
Mudah bukan? Berapa biaya yang Anda keluarkan? Berapa resiko yang Anda hadapi? Kecil sekali.

Bagaimana potensinya?
1.   Pemasaran buku biasa,
Pemasaran terbatas oleh tempat, semakin jauh maka semakin mahal biayanya. Oleh sebab itu hanya percetakan besar dan sudah mempunyai jaringan luas yang bisa melakukannya,
2.   Pemasaran via internet.
Anda berada di mana saja bisa memasarkan ke mana saja dengan biaya yang sama tidak ada bedanya. Semakin lama data pembeli Anda semakin banyak dan sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi lagi (follow up) untuk menginformasikan produk lainnya dengan mudah via email berapapun jumlahnya. Jadi misalnya data Anda mencapai 100ribu orang, mereka Anda kirimi surat pemberitahuan produk baru Anda tidak ada bedanya dengan Anda mengirimkan email ke satu orang. Maka hal ini akan mempermudah prospek ke depannya.

Inilah yang kita bahas di depan sebagai pipa yang canggih. Dulu pipa untuk penjualan hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dengan investasi yang besar pula. Kini, hal itu bisa dilakukan oleh siapa saja, dengan biaya yang murah untuk mendapatkan sistem yang canggih yaitu via internet. Terlebih lagi, internet bisa menangani proses transaksi secara mandiri, pemilik hanya tinggal melihat transaksinya yang sudah masuk dalam laporan.
Internet adalah pipa yang canggih untuk saat ini dan telebih lagi kedepannya. Coba lihat berbagai perusahaan sekarang membangun bisnis yang berbasis internet (secara online). Hal ini mempermudah pekerjaan, mempermudah pelayanan dan efisien biaya.

Jadi kelebihan-kelebihan apabila menjalankan bisnis via internet adalah:
 1.    Bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah,
 2.    Mudah merintis dan menjalankan,
 3.    Modal sangat kecil,
 4.    Tidak perlu gudang penyimpanan produk,
 5.    Produk informasi bisa diperbanyak berapa saja tanpa biaya,
 6.    Pengiriman bisa secepat kilat via web tanpa transportasi,
 7.    Proses cepat terlayani secara instant (langsung),
 8.    Follow up (menghubungi kembali) berikutnya mudah dilakukan,
 9.    Promosi mudah dilakukan,
10.   Bisa berkomunikasi dengan cepat dan mudah,
11.   Website bisa dibuka dan transaksi bisa berjalan kapan saja,
12.   Bisnis bisa dijalankan dari mana saja,
13.   Hanya memerlukan sedikit waktu untuk menangani,
14.   Bisnis bisa berjalan secara otomatis,
15.   Website bisa malayani berapa saja secara bersama.
 
Bisnis internet bisnis bersistem

Fakta yang ada menunjukkan bahwa teknologi komputer beserta internet semakin berkembang pesat. Bagi pemula sekalipun, sangat mudah dan murah apabila berminat untuk terjun ke bidang bisnis ini. Maka sekarang tergantung dengan kemauan! Berbagai fasilitas sudah mendukung untuk itu.
Internet yang mulai berkembang di era 90-an, di era 2000-an ini mulai berkembang dalam basis pelayanan online (e-commerce) yang semakin lama semakin berkembang dari perusahaan besar sehingga sekarang sampai ke perusahaan menengah dan kecil. Berbagai fasilitas online juga banyak di internet. Di masa dulu, kemungkinan untuk kaya sangarlah sulit bagi orang yang sebelumnya biasa-biasa saja karena kendala-kendala transportasi, komunikasi dsb, sehingga hal ini lebih dimungkinkan bagi orang yang sebelumnya memang sudah memiliki berbagai fasilitas (kaya). Tapi kini, telah banyak muncul jutawan-jutawan baru dari jasa internet karena lebih mudah kemungkinan untuk itu dan bisa memaksimalkan potensi yang ada.

Komputer telah banyak merubah peradaban dunia masa kini, komputer telah banyak membantu mempermudah tugas-tugas manusia. Namun internet merupakan perubahan yang sangat revolusioner, mengapa? Karena dalam waktu yang sangat cepat sudah merubah banyak faktor. Membangun bisnis internet adalah suatu cara untuk mengaplikasikan bisnis online. Sistem yang bisa dibangun adalah bisa dalam bentuk penjualan atau penjualan yang juga merekrut pembeli sebagai member. Untuk itu perlu suatu sistem yang bisa melayani secara terus-menerus untuk calon member dan member yang telah bergabung dan bisa mempertahankan reputasi bisnis untuk para membernya. Maka dari itu perlu suatu strategi untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Syarat bahwa website Anda akan menghasilkan adalah:
1.  Produk, banyak dibutuhkan,
2.  Website, sudah terpasang di internet,
3.  Traffic, memperbanyak jumlah pengunjung di website, dalam hal ini perlu suatu langkah promosi yang jitu.
 
Strategi dalam bisnis internet

Menurut Dr. Ralph F. Wilson, konsultan e-commerce, ada beberap trik untuk sukses dalam bisnis via internet, yaitu:

1.Hukum Jalan buntu
Hukum ini berbunyi seperti ini: Memasang sebuah website adalah seperti membangun toko di sebuah jalan buntu. Kalau Anda menginginkan pembeli, Anda harus memberi mereka alasan untuk datang.
Jadi, pertanyaan pertama yang perlu Anda ajukan ke diri Anda, bahkan sebelum Anda membangun situs/web Anda, adalah: Bagaimana saya akan membuat orang-orang berkunjung? Content (isi) mendesak apa bisa Anda pasang di situs Anda yang akan membuat seseorang ingin kembali? Content adalah utama.
Pilihlah tema-tema yang menarik, memberi harapan baru untuk mendapatkan informasi atau keuntungan yang menarik. Dalam arus informasi yang sangat banyak di internet, kata-kata yang menarik, tepat dan padat adalah sangat penting sebab netter hanya meluangkan waktu beberapa detik dalam arus informasi yang pada di internet. Anda tidak perlu berdalih dengan mengatakan "Link ke kami karena kami paling hebat.", langsung saja kepada tema pokoknya (to the point), apa inti dari isi website Anda, misalnya " Link ke kami untuk mendapatkan informasi jitu cara sukses bisnis via internet."
Namun perlu diingat bahwa content bukan merupakan bualan yang bernilai semu yang akan memberikan perasaan ectasy (kegirangan yang meluap) namun akhirnya kekecewaan, sampaikan apa adanya namun dengan bahasa yang bermutu.

2.Hukum Memberi & Menjual
Suatu unsur penting dari budaya Web adalah "barang gratis." Hukum ini berbunyi: Tarik para pengunjung ke situs Anda dengan memberi sesuatu gratis, dan kemudian coba jual sesuatu tambahan ke mereka yang datang.
Anda telah melihat skenario ini dimainkan di banyak sekali toko offline. "Bonus gratis bagi 50 orang pertama yang mengunjungi toko kami untuk Obral Satu-Hari tahunan kami pada 1 Januari." Beri mereka sesuatu gratis, lalu coba jual sesuatu ke mereka.
Strategi mudahnya begini: (1) Tarik orang-orang ke situs Anda dengan memberikan banyak informasi gratis. Lalu (2) beritahu orang-orang tentang produk dan jasa Anda. Pelajari irama memberi sesuatu gratis dan menjual sesuatu ini. Strategi ini manjur.
Jika program Anda tak menawarkan suatu layanan gratis, paling tidak menawari informasi gratis dalam bentuk laporan atau e-book yang informatif, bernilai tinggi, dan sulit ditemukan dari program lain

3.Hukum Tarikan & Dorongan
Hukum ini berbunyi: Tarik orang-orang ke situs Anda dengan content Anda yang menarik, lalu dorong informasi bermutu ke mereka secara teratur lewat email. Untuk hal ini maka diperlukan autoresponder, yaitu suatu follow up (menghubungi kembali) secara otomatis beberapa kali sesuai program yang sudah dijadwal ke semua alamat email yang sudah masuk.
Website, oleh sifatnya dari sananya adalah makhluk pasif, seperti anjing rumahan. Ia cuma membujur mengepak-ngepakkan ekornya dengan malas dan tersenyum kecut sampai seseorang memasuki pintu. Pesan-pesan email, di sisi lain, adalah hewan-hewan aktif seperti anjing penyelamat, selalu siap untuk pergi kemana Anda mengirimnya dan menyampaikan sebelanga informasi yang menyegarkan, dan ajakan untuk kembali ke website Anda untuk melihat hal terbaru yang Anda tawarkan.
Sebuah website mencoba menarik Anda dengan janji content, sementara email mendorong pesannya ke dalam kotak surat para pengunjung Anda sebelumnya. Kebanyakan bisnis tak bisa bertahan atas penjualan satu-kali saja. Mereka perlu menarik para pelanggan yang puas kembali lagi dan lagi untuk penjualan berulang. Hukum Tarikan dan Dorongan melaksanakan tugas vital ini.

4.Kepercayaan
Kepercayaan adalah sangat penting untuk sukses jangka panjang. Anda perlu menjaga kepercayaan, beri mereka pelayanan yang baik dan tidak mengecewakan. Bantu mereka untuk menggunakan produk Anda apabila ada kesulitan, ini membuktikan bahwa apa yang Anda sampaikan bukan bualan tapi benar-benar realistis bukan hanya gembar-gembor semata.
Beri berbagai informasi yang berguna secara gratis, Anda perlu pelanggan setia, suatu saat Anda mempunyai info baru, produk baru mereka masih percaya kepada Anda. Jadi Anda tidak bisa hanya mengandalkan harga yang rendah dari lainnya tanpa kwalitas yang bermutu. Inilah pipa canggih Anda dalam bisnis internet.
 
Kesimpulan:
1.   Berbagai fasilitas untuk internet semakin mudah dan murah seiring dengan semakin mudah dan murahnya perlatan digital,
2.   Internet semakin lama semakin berkembang dan meluas untuk berbagai kebutuhan, sejalan dengan berkembang dan meluasnya telekomunikasi,
3.   Internet semakin banyak dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis dan semakin meluas untuk berbagai bidang bisnis,
4.   Internet semakin banyak digunakan dari bisnis besar meluas ke bisnis-bisnis kecil,
5.   Internet merupakan pipa canggih karena berjalan secara otomatis , cepat , tidak terbatas oleh tempat, sehingga sangat efesien.

Bila Anda berminat bisnis via internet, bersegeralah. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, tapi memulai sejak sekarang tentu adalah lebih baik disaat belum banyak yang menyadari dan memperhatikan potensinya.

Anda ikut bisnis internet dengan cara:
1. Membangun sendiri,
2. Mengikuti bisnis lain (afiliasi),
3. Kedua-duanya.

Tahap awal ikuti dulu bisnis lain agar bisnis Anda bisa langsung berjalan dan untuk menambah pengalaman, bersama dengan itu juga mencari berbagai ide.*

No comments:

Post a Comment