Setelah membaca
artikel sebelumnya, sekarang bagaimana menurut Anda, apakah Anda perlu
berbisnis? Apabila jawabannya ya, lalu bisnis apa? Terserah Anda. Untuk bisnis internet
anda tidak harus meninggalkan pekerjaan yang sudah ada sekarang. Anda bisa
membangun bisnis dengan membangun sistem sendiri atau mengikuti sistem bisnis
yang sudah ada, perlahan tapi pasti juga bisa sambil membangun sistem bisnis
sendiri.
Menurut
paul dan sarah Edward salah satu yang bisa merubah alam kerja terutama adalah
dengan adanya teknologi internet. Dengan internet bisnis bersistem yang dulu
hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahan besar kini bisa dimiliki oleh
siapapun. Tidakkah Anda ingin memanfaatkannya?
Inilah
bisnis yang hanya memerlukan sedikit investasi, prospek bagus, potensi besar,
tidak ada masalah dengan tempat (di manapun Anda berada bisa melakukannya),
tidak ada masalah dengan pasar (Anda bisa menjual kemana saja), yang diperlukan
adalah komitmen. Bisnis internet baru ada beberapa tahun silam, namun membawa
perubahan yang sangat besar terhadap alam kerja manusia. Dunia berada dalam
satu jaringan!
Ketua
Bidang Perdagangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Franky Sibarani
mengatakan saat ini belanja online telah menjadi gaya hidup sebagian
masyarakat. "Kami memperkirakan nilai transaksi e-commerce bisa mencapai
Rp 100 triliun per tahun," ungkapnya, pada bulan Maret 2014.
Bagaimana
internet di Indonesia? Menurut data IPJII pelanggan dan pemakai internet dari
tahun ketahun semakin meningkat:
Tahun
|
Pemakai
|
1998
|
512,000
|
2000
|
1,900,000
|
2005
|
16,000,000
|
2010
|
42,000,000
|
2012
|
63,000,000
|
2013*
|
85,000,000
|
2014*
|
107,000,000
|
2015 *
|
139,000,000
|
Tahun * Proyeksi
Itulah
yang menjadi alasan kita mengapa bisnis internet potensial karena semakin pesat
perkembangannya. Di dunia kini banyak kisah jutawan-jutawan baru yang lahir
dari internet sejak tahun 1995, sedangkan di Indonesia mulai ada sejak tahun
2000.
Kemajuan
internet tidak bisa lepas dari peran kemajuan teknologi komunikasi. Kini,
telepon seluler yang berkembang dengan pesat akan lebih memperlancar kemajuan
internet, karena semua provider menyediakan fasilitas untuk ber-internet, dan
semakin lama biaya koneksi (sambungan) menjadi semakin murah.
Potensi
bisnis internet
Ada 3
hukum yang menyebabkan internet semakin lama semakin maju. Anda akan tahu
bagaimana prinsip-prinsip ini membuktikan bahwa bisnis Internet akan memiliki
pertumbuhan yang akan semakin berkembang. Anda akan mengetahui bagaimana
langkah terbaik memosisikan diri Anda sebagai seorang wirausahawan berbasis
rumah untuk memanfaatkan peluang-peluang digital yang terhampar di depan.
Tiga
faktor yang menjamin masa depan yang makmur bagi para wirausahawan Internet
adalah:
1.Hukum
moore
Hukum Moore menjelaskan bahwa
biaya-biaya peralatan digital semakin
lama akan semakin turun. Contoh pada tahun 1980 harga memori untuk chip
komputer adalah USD$1.000 (hanya memory saja), satu tahun kemudian harga
menjadi $500, untuk memori dengan kwalitas yang sama, dua tahun kemudian harga
turun menjadi itu $250, tiga tahun kemudian harga $62,5, tahun 1998 harga menjadi kurang dari $
25, dan sekarang harga hanya menjadi beberapa sen dolar saja.
Di
Indonesia berapa harga komputer pada tahun 1990 dan berapa sekarang? Pada tahun
1990 harganya ± sama dengan sepeda motor dan sekarang harga komputer dengan
kwalitas tahun 1990-an kurang dari Rp.1 juta saja, sedangkan harga sepeda motor
sekarang ± Rp.12 juta dengan kwalitas sama dengan dulu. Untuk komputer sekarang
yang diatas Rp.1juta dengan kwalitas yang jauh lebih canggih dari tahun 1990
tersebut.
Gordon
Moore, adalah salah seorang pendiri Intel Corporation yang telah melakukan
pengamatan sistematis sejak 1960-an mengatakan bahwa komputer-komputer akan
bisa dibuat 4 kali lebih powerful setiap 3 tahun untuk harga yang sama.
Seandainya Anda tahu bahwa ada bisnis yang setiap 3 tahun Anda mempunyai 4 kali
bahan yang lebih banyak apakah Anda mau terjun kesitu? Jawabannya tentu “ya”!
Di
manapun, perusahaan-perusahaan akan selalu mencari cara yang menyebabkan
efisiensi dalam kegiatan usahanya, sehingga hal ini menyebabkan bahwa
perusahaan-perusahaan untuk keperluan informasi, komunikasi, promosi, akan
menjadi semakin digital, dan sekarang semua sudah mengarah ke situ. Hukum Moore
mengatakan bahwa bisnis-bisnis Internet, khususnya pemasaran Internet akan
terus tumbuh dan berkembang dengan laju yang pesat.
2.Penerimaan
lingkungan digital
Seiring
dengan hukum Moore yang terus berjalan, lingkungan-lingkungan digital akan
semakin tumbuh dengan pesat. Komunitas-komunitas online sedang terbentuk dengan
cara persis sama seperti komunitas-komunitas dalam dunia jasmani sepanjang
sejarah, hanya saja ini jauh lebih cepat.
Saat ini
berbagai fasilitas pelayan perusahaan-perusahaan semakin banyak yang menjadi
digital, seperti sekarang bank
memberikan pelayanan via ATM, via internet, via HP. Semakin lama semakin banyak
yang mengarah kesitu dan masyarakan akan semakin terbiasa dengan hal-hal yang
digital. Sekarang jejaring semakin diminati oleh semua kalangan profesi, semua
usia, dan semua status.
3.Konvergensi
Bertemunya
hal-hal yang terpisah. Semakin lama akan semakin mudah untuk menyatukan
berbagai keperluan dalam suatu peralatan digital. Contoh: Kartu ATM yang pada
mulanya hanya untuk mengambil uang kini bisa untuk berbagai keperluan seperti
belanja, pembayaran berbagai tagihan. Handphone yang pada mulanya hanya untuk
komunikasi kini bisa digunakan misalnya untuk internet, transaksi perbankan.
Konvergensi
kini sedang terjadi di tingkat industri dan tingkat konsumen. Pada tingkat
industri perusahaan-perusahaan melebur untuk membentuk suatu usaha multimedia.
Contoh: Bank bekerja sama dengan perusaahaan komunikasi untuk memberikan
layanan bersama, konsumen bisa mendapatkan layanan dari perusahaan telekomunikasi
untuk melakukan pembayaran berbagai tagiahan seperti telepon, listrik,
berbelanja dengan kartu ATM.
Pada
tingkat konsumen alat-alat baru sedang digunakan untuk menggabungkan komputer
dengan telepon dan televisi. Dalam waktu sangat dekat, konsumen akan mengganti
telepon, TV, dan PC mereka dengan 1 pusat media sentral (yang mungkin memiliki
beberapa peralatan untuk kemudahan).
Uang
digital yang sekarang sudah ada semakin lama akan semakin meluas, melakukan
berbagai pembayaran dengan kartu kredit atau debet. Jadi semakin lama
masyarakat akan semakin menuju kearah peralatan digital.
Tiga hukum
diatas bukanlah teori, tapi hal yang benar-benar sudah terjadi dan
diprediksikan akan terus berjalan dan semakin cepat melaju.
Manfaat
internet
Internet bisa dimanfaatkan untuk
berbagai keperluan sesuai pembahasan kita sebelumnya adalah untuk berbisnis.
Manfaat internet secara umum adalah:
1.Komunikasi
- Email: surat elektronik, bisa langsung mengirimkan email dalam jumlah banyak,
- Chatting: bedialog via tulisan atau suara secara pribadi atau dalam forum,
- Milis: berdiskusi via surat dengan semua anggota,
- Video converence: berdialog dengan suara beserta gambar,
- Kirim file/data.
2.Mencari
informasi
- Banyak perusahaan /lembaga yang memberikan informasi via website,
- Bisa mendapatkan informasi yang ingin diketahui via Search engine.
3.Menjalankan
bisnis
- Untuk promosi perusahaan/produk barang dan jasa,
- Transaksi bisnis (seperti bank),
- Penjualan ebook (buku elektronik),
- Mengikuti bisnis.
4.Memudahkan
aktivitas
- Aktivitas bisnis, dapat melakukan transaksi: Pendaftaran, Pembelian, Pembayaran.
- Aktivitas sehari-hari, seperti pembayaran, melakukan pembelian tiket.
Kelebihan layanan internet:
1.
Cepat, praktis, mudah, dan murah,
2.
Tidak ada biaya tembahan untuk menggunakan berbagai
fasilitas,
3.
Tidak ada perbedaan:
1.
arah, untuk seluruh dunia adalah sama (global),
2.
Waktu, selalu siap kapan saja, segala transaksi bisa
berjalan waktu itu juga,
3.
Tempat, di mana saja bisnis dijalankan tidak ada masalah,
4.
Jumlah pemakai, satu web bisa dibuka secara bersama dari
seluruh penjuru dunia.
Itulah
kemudahan-kemudahan internet dan merupakan potensi besar apabila digunakan
untuk menjalankan bisnis. Untuk berbisnis dalam bidang lain tentu akan sangat
besar investasi yang harus dimasukkan dan ada keterbatasan-keterbatasan jarak,
waktu, tempat dan keterbatasan untuk pelayanan. Penjualan via toko tentunya
terbatas dalam lokasi tersebut, untuk ke lokasi lain tentu harus membuka cabang
sehingga investasi tinggi. Tapi tidak untuk internet. Dengan investasi yang
kecil, pemasaran bisa menjangkau dalam jarak yang tidak terbatas, dan sekarang
semakin menjamur toko online.
Bisnis
via internet
1. Menjual Barang/Produk,
Menawarkan produk barang via internet. Seperti kata Ketua Apindo "Mereka beralasan kalau belanja online itu bebas untuk mencari barang yang disuka tanpa paksaan untuk membeli, dan tanpa harus susah payah keluar rumah,".
Apalagi, semua orang bebas menjual barangnya di online mulai dari rumah, mobil, pakaian hingga obat-obatan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, calon pembeli cukup menuliskan barang yang ingin dibeli dan akan muncul sederet penawaran.
Menawarkan produk barang via internet. Seperti kata Ketua Apindo "Mereka beralasan kalau belanja online itu bebas untuk mencari barang yang disuka tanpa paksaan untuk membeli, dan tanpa harus susah payah keluar rumah,".
Apalagi, semua orang bebas menjual barangnya di online mulai dari rumah, mobil, pakaian hingga obat-obatan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, calon pembeli cukup menuliskan barang yang ingin dibeli dan akan muncul sederet penawaran.
2. Menjual
Jasa,
Produk jasa juga sangat banyak di dunia internet, karena produk jasa justru tidak adanya perbedaan jarak, lain dengan penjualan produk / barang yang masih berhubungan dengan usaha pengiriman barang kepada pembeli. Jasa via internet misalnya: Jasa pemasangan Iklan, Jasa Hosting, Jasa pembuatan website, Jasa layanan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, Jasa Informasi seperti berita online, dan masih banyak lagi.
Produk jasa juga sangat banyak di dunia internet, karena produk jasa justru tidak adanya perbedaan jarak, lain dengan penjualan produk / barang yang masih berhubungan dengan usaha pengiriman barang kepada pembeli. Jasa via internet misalnya: Jasa pemasangan Iklan, Jasa Hosting, Jasa pembuatan website, Jasa layanan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, Jasa Informasi seperti berita online, dan masih banyak lagi.
3. Menjual
Informasi.
Menjual informasi di sini mungkin hampir sama dengan berita online, karena berita online ada yang berbayar juga. Namun jasa informasi di sini perlu dibahas khusus karena Informasi di sini adalah suatu produk yang bernilai bisnis misalnya produk Buku, hanya bedanya di sini bukunya adalah berupa produk Digital. Produk online ini juga bisa berupa Software.
Menjual informasi di sini mungkin hampir sama dengan berita online, karena berita online ada yang berbayar juga. Namun jasa informasi di sini perlu dibahas khusus karena Informasi di sini adalah suatu produk yang bernilai bisnis misalnya produk Buku, hanya bedanya di sini bukunya adalah berupa produk Digital. Produk online ini juga bisa berupa Software.
Menjual
informasi
Untuk sebuah usaha, website
mempunyai berbagai fungsi, yaitu:
1. Web
sebagai informasi produk
Untuk
produk-produk yang tidak bisa dijual secara online. Website adalah sebagai
informasi mengenai produk-produknya.
2. Web sebagai transaksi jual-beli
1. Transaksi produk
Transaksi via internet tapi produk dilayani
tersendiri. Untuk fungsi web sebagai informasi sekarang sudah banyak yang juga
berfungsi sebagai transaksi. Misalnya tiket pesawat terbang bisa dipesan via
internet. Transaksi via internet dan bank kemudia barang dikirimkan via jasa
pengiriman, ini adalah toko online.
2. Pelayananan Produk
Produk dilayani via internet. Jadi web ini
berfungsi sebagai informasi, transaksi dan pelayanan produk. Ini adalah cara
yang paling mudah untuk dijalankan via internet. Produk yang banyak dijual via
internet adalah ebook (buku elektronik) dan software komputer.
Hal yang
sangat potensial untuk Anda kembangkan adalah menjual informasi via internet.
Mengapa? Karena informasi adalah merupakan produk yang tidak ada habisnya.
Apabila Anda membeli buku yang Anda beli bukunya atau informasinya? Tentu
informasinya. Begitulah dalam dunia internet informasi dengan mudah dapat
ditransfer seperti mentransfer uang via ATM, yang ditransfer adalah nilainya
bukan fisik uangnya.
Berikut
ini kemudahan menjual informasi via internet dibandingkan dengan mencetak buku.
A.Mencetak
buku (sebagai produk informasi via buku):
1. Menulis produk informasi
a. Mempunyai ide lalu mencari berbagai
literature dari berbagai buku-buku bacaan.
b. Dari berbagai buku yang dibeli belum
tentu lengkap, maka perlu beberapa buku lagi.
c. Untuk mencari bahan dari toko buku
terdekat belum tentu ada tersedia.
2. Setelah tulisan jadi maka dibawa ke
percetakan.
a. Untuk mencetak buku biaya awal adalah Anda membeli
plat (film) untuk bahan cetakan dikalikan dengan jumlah halaman. Berapapun
jumlah cetakan (sedikit atau banyak) sudah harus mengeluar untuk biaya itu.
Untuk cover full color ada biaya ekstra lagi yang lebih mahal.
b. Untuk mencetak sedikit biaya terlalu mahal
maka hal ini adalah tidak memungkinkan, jumlah cetakan harus langsung dalam
jumlah banyak, semakin banyak jumlah cetakan semakin murah nilai biaya produksi
perbuku.
3. Pemasaran harus dilakukan agar barang yang
sudah dicetak bisa laku. Apabila pemasaran gagal maka biaya yang telah
dikeluarkan tidak bisa kembali lagi karena sudah keluar biaya. Pemasarannya
adalah:
a. Setor ke toko-toko buku
Untuk produk yang tidak potensial tentu
sulit.
b. Merekrut dari agen untuk menjualkan produknya
Sama dengan no.1 di atas, kendalanya lagi
bisa jadi ada kesulitan dalam penagihan keuangan.
c. Via pos
Biaya prangko akan banyak dikeluarkan.
Jadi perhitungkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk prangko dan berapa
kemungkinan kesuksesan dari penjualannya
* No.3.a, b &c di atas akan banyak memakan
biaya transportasi, bila tidak mencapai target maka tidak bisa mencapai BEP (break
efent point/nilai impas/tidak laba tidak rugi).
4. Apabila stok buku sudah habis maka harus
mencetak dalam jumlah besar lagi.
Dalam hal
ini, maka memproduksi buku tidak bisa hanya coba-coba karena sekali memproduksi
sudah memerlukan investasi yang cukup besar (mencapai jutaan rupiah).
Oleh sebab itulah maka produk
informasi via buku hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar karena:
1. Sudah mempunyai jaringan pemasaran yang luas
sehingga resiko tidak laku sangat kecil,
2. Nilai
harga pokok produksi perbuku yang jauh lebih murah karena bisa mencetak dalam
jumlah besar.
B.Produk informasi via internet
Informasi
adalah mata uang untuk web. Coba bandingkan bagaimana kemudahannya apabila Anda
menjual informasi via internet, dibandingkan dengan mencetak buku. Bagi yang
belum bisa dan belum pernah membuat produk informasi via internet, maka langkah
yang dilakukan adalah:
1. Mempelajari
operasional internet sehingga bisa membuat web site sendiri untuk pemasaran,
2. Merancang produk
a. Cari
ide produk informasi,
b. Cari
bahan via internet yang bisa Anda cari secara gratis terutama via search
engine. Tema apa saja bisa Anda cari via internet. Jadi untuk mencari bahan
Anda tidak perlu kemana-mana cukup dari internet,
3. Setelah tulisan jadi, buat tulisan tersebut
menjadi ebook (buku elektronik), maka produk sudah siap untuk dipasarkan,
4. Membuat website tentang produk Anda, sehingga
terpasang di internet,
5. Anda berpromosi juga via internet,
Mudah
bukan? Berapa biaya yang Anda keluarkan? Berapa resiko yang Anda hadapi? Kecil
sekali.
Bagaimana potensinya?
1. Pemasaran buku biasa,
Pemasaran terbatas oleh tempat,
semakin jauh maka semakin mahal biayanya. Oleh sebab itu hanya percetakan besar
dan sudah mempunyai jaringan luas yang bisa melakukannya,
2. Pemasaran via internet.
Anda berada di mana saja bisa
memasarkan ke mana saja dengan biaya yang sama tidak ada bedanya. Semakin lama
data pembeli Anda semakin banyak dan sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi lagi (follow
up) untuk menginformasikan produk lainnya dengan mudah via email berapapun
jumlahnya. Jadi misalnya data Anda mencapai 100ribu orang, mereka Anda kirimi
surat pemberitahuan produk baru Anda tidak ada bedanya dengan Anda mengirimkan
email ke satu orang. Maka hal ini akan mempermudah prospek ke depannya.
Inilah
yang kita bahas di depan sebagai pipa yang canggih. Dulu pipa untuk penjualan
hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dengan investasi yang
besar pula. Kini, hal itu bisa dilakukan oleh siapa saja, dengan biaya yang
murah untuk mendapatkan sistem yang canggih yaitu via internet. Terlebih lagi,
internet bisa menangani proses transaksi secara mandiri, pemilik hanya tinggal
melihat transaksinya yang sudah masuk dalam laporan.
Internet
adalah pipa yang canggih untuk saat ini dan telebih lagi kedepannya. Coba lihat
berbagai perusahaan sekarang membangun bisnis yang berbasis internet (secara
online). Hal ini mempermudah pekerjaan, mempermudah pelayanan dan efisien
biaya.
Jadi
kelebihan-kelebihan apabila menjalankan bisnis via internet adalah:
1. Bisa
Anda lakukan sendiri dengan mudah,
2. Mudah
merintis dan menjalankan,
3. Modal
sangat kecil,
4. Tidak
perlu gudang penyimpanan produk,
5. Produk
informasi bisa diperbanyak berapa saja tanpa biaya,
6. Pengiriman
bisa secepat kilat via web tanpa transportasi,
7. Proses
cepat terlayani secara instant (langsung),
8. Follow
up (menghubungi kembali) berikutnya mudah dilakukan,
9. Promosi
mudah dilakukan,
10. Bisa berkomunikasi dengan cepat dan mudah,
11. Website bisa dibuka dan transaksi bisa
berjalan kapan saja,
12. Bisnis bisa dijalankan dari mana saja,
13. Hanya memerlukan sedikit waktu untuk
menangani,
14. Bisnis bisa berjalan secara otomatis,
15. Website
bisa malayani berapa saja secara bersama.
Bisnis internet bisnis bersistem
Fakta yang ada menunjukkan bahwa
teknologi komputer beserta internet semakin berkembang pesat. Bagi pemula
sekalipun, sangat mudah dan murah apabila berminat untuk terjun ke bidang
bisnis ini. Maka sekarang tergantung dengan kemauan! Berbagai fasilitas sudah
mendukung untuk itu.
Internet
yang mulai berkembang di era 90-an, di era 2000-an ini mulai berkembang dalam
basis pelayanan online (e-commerce) yang semakin lama semakin berkembang dari
perusahaan besar sehingga sekarang sampai ke perusahaan menengah dan kecil. Berbagai
fasilitas online juga banyak di internet. Di masa dulu, kemungkinan untuk kaya
sangarlah sulit bagi orang yang sebelumnya biasa-biasa saja karena
kendala-kendala transportasi, komunikasi dsb, sehingga hal ini lebih
dimungkinkan bagi orang yang sebelumnya memang sudah memiliki berbagai
fasilitas (kaya). Tapi kini, telah banyak muncul jutawan-jutawan baru dari jasa
internet karena lebih mudah kemungkinan untuk itu dan bisa memaksimalkan
potensi yang ada.
Komputer
telah banyak merubah peradaban dunia masa kini, komputer telah banyak membantu
mempermudah tugas-tugas manusia. Namun internet merupakan perubahan yang sangat
revolusioner, mengapa? Karena dalam waktu yang sangat cepat sudah merubah
banyak faktor. Membangun bisnis internet adalah suatu cara untuk
mengaplikasikan bisnis online. Sistem yang bisa dibangun adalah bisa dalam
bentuk penjualan atau penjualan yang juga merekrut pembeli sebagai member.
Untuk itu perlu suatu sistem yang bisa melayani secara terus-menerus untuk
calon member dan member yang telah bergabung dan bisa mempertahankan reputasi
bisnis untuk para membernya. Maka dari itu perlu suatu strategi untuk jangka
pendek dan jangka panjang.
Syarat
bahwa website Anda akan menghasilkan adalah:
1. Produk, banyak dibutuhkan,
2. Website, sudah terpasang di internet,
3. Traffic, memperbanyak jumlah pengunjung
di website, dalam hal ini perlu suatu langkah promosi yang jitu.
Strategi
dalam bisnis internet
Menurut Dr. Ralph F. Wilson,
konsultan e-commerce, ada beberap trik untuk sukses dalam bisnis via internet,
yaitu:
1.Hukum Jalan
buntu
Hukum ini
berbunyi seperti ini: Memasang sebuah website adalah seperti membangun toko di
sebuah jalan buntu. Kalau Anda menginginkan pembeli, Anda harus memberi mereka
alasan untuk datang.
Jadi,
pertanyaan pertama yang perlu Anda ajukan ke diri Anda, bahkan sebelum Anda
membangun situs/web Anda, adalah: Bagaimana saya akan membuat orang-orang
berkunjung? Content (isi) mendesak apa bisa Anda pasang di situs Anda yang akan
membuat seseorang ingin kembali? Content adalah utama.
Pilihlah
tema-tema yang menarik, memberi harapan baru untuk mendapatkan informasi atau
keuntungan yang menarik. Dalam arus informasi yang sangat banyak di internet,
kata-kata yang menarik, tepat dan padat adalah sangat penting sebab netter
hanya meluangkan waktu beberapa detik dalam arus informasi yang pada di
internet. Anda tidak perlu berdalih dengan mengatakan "Link ke kami karena
kami paling hebat.", langsung saja kepada tema pokoknya (to the point),
apa inti dari isi website Anda, misalnya " Link ke kami untuk mendapatkan
informasi jitu cara sukses bisnis via internet."
Namun
perlu diingat bahwa content bukan merupakan bualan yang bernilai semu yang akan
memberikan perasaan ectasy (kegirangan yang meluap) namun akhirnya kekecewaan,
sampaikan apa adanya namun dengan bahasa yang bermutu.
2.Hukum Memberi
& Menjual
Suatu
unsur penting dari budaya Web adalah "barang gratis." Hukum ini
berbunyi: Tarik para pengunjung ke situs Anda dengan memberi sesuatu gratis,
dan kemudian coba jual sesuatu tambahan ke mereka yang datang.
Anda telah
melihat skenario ini dimainkan di banyak sekali toko offline. "Bonus
gratis bagi 50 orang pertama yang mengunjungi toko kami untuk Obral Satu-Hari
tahunan kami pada 1 Januari." Beri mereka sesuatu gratis, lalu coba jual
sesuatu ke mereka.
Strategi
mudahnya begini: (1) Tarik orang-orang ke situs Anda dengan memberikan banyak
informasi gratis. Lalu (2) beritahu orang-orang tentang produk dan jasa Anda.
Pelajari irama memberi sesuatu gratis dan menjual sesuatu ini. Strategi ini
manjur.
Jika
program Anda tak menawarkan suatu layanan gratis, paling tidak menawari
informasi gratis dalam bentuk laporan atau e-book yang informatif, bernilai
tinggi, dan sulit ditemukan dari program lain
3.Hukum Tarikan
& Dorongan
Hukum ini
berbunyi: Tarik orang-orang ke situs Anda dengan content Anda yang menarik,
lalu dorong informasi bermutu ke mereka secara teratur lewat email. Untuk hal
ini maka diperlukan autoresponder, yaitu suatu follow up (menghubungi kembali)
secara otomatis beberapa kali sesuai program yang sudah dijadwal ke semua
alamat email yang sudah masuk.
Website,
oleh sifatnya dari sananya adalah makhluk pasif, seperti anjing rumahan. Ia
cuma membujur mengepak-ngepakkan ekornya dengan malas dan tersenyum kecut
sampai seseorang memasuki pintu. Pesan-pesan email, di sisi lain, adalah
hewan-hewan aktif seperti anjing penyelamat, selalu siap untuk pergi kemana
Anda mengirimnya dan menyampaikan sebelanga informasi yang menyegarkan, dan
ajakan untuk kembali ke website Anda untuk melihat hal terbaru yang Anda
tawarkan.
Sebuah
website mencoba menarik Anda dengan janji content, sementara email mendorong
pesannya ke dalam kotak surat para pengunjung Anda sebelumnya. Kebanyakan
bisnis tak bisa bertahan atas penjualan satu-kali saja. Mereka perlu menarik
para pelanggan yang puas kembali lagi dan lagi untuk penjualan berulang. Hukum
Tarikan dan Dorongan melaksanakan tugas vital ini.
4.Kepercayaan
Kepercayaan
adalah sangat penting untuk sukses jangka panjang. Anda perlu menjaga
kepercayaan, beri mereka pelayanan yang baik dan tidak mengecewakan. Bantu
mereka untuk menggunakan produk Anda apabila ada kesulitan, ini membuktikan
bahwa apa yang Anda sampaikan bukan bualan tapi benar-benar realistis bukan
hanya gembar-gembor semata.
Beri
berbagai informasi yang berguna secara gratis, Anda perlu pelanggan setia,
suatu saat Anda mempunyai info baru, produk baru mereka masih percaya kepada
Anda. Jadi Anda tidak bisa hanya mengandalkan harga yang rendah dari lainnya tanpa
kwalitas yang bermutu. Inilah pipa canggih Anda dalam bisnis internet.
Kesimpulan:
1. Berbagai fasilitas untuk internet semakin
mudah dan murah seiring dengan semakin mudah dan murahnya perlatan digital,
2. Internet semakin lama semakin berkembang dan
meluas untuk berbagai kebutuhan, sejalan dengan berkembang dan meluasnya
telekomunikasi,
3. Internet semakin banyak dimanfaatkan untuk
kegiatan bisnis dan semakin meluas untuk berbagai bidang bisnis,
4. Internet semakin banyak digunakan dari bisnis
besar meluas ke bisnis-bisnis kecil,
5. Internet merupakan pipa canggih karena
berjalan secara otomatis , cepat , tidak terbatas oleh tempat, sehingga sangat
efesien.
Bila Anda
berminat bisnis via internet, bersegeralah. Tidak ada kata terlambat untuk
memulai, tapi memulai sejak sekarang tentu adalah lebih baik disaat belum
banyak yang menyadari dan memperhatikan potensinya.
Anda ikut
bisnis internet dengan cara:
1.
Membangun sendiri,
2.
Mengikuti bisnis lain (afiliasi),
3.
Kedua-duanya.
Tahap awal
ikuti dulu bisnis lain agar bisnis Anda bisa langsung berjalan dan untuk
menambah pengalaman, bersama dengan itu juga mencari berbagai ide.*
No comments:
Post a Comment